Tugas Etika Profesi 1

  1. Tuliskan karakter- karakter tidak ber-ETIKA dalam kehidupan sehari-hari (beri 5 contoh dan analisa)!
  • Arogan. Orang yang memiliki watak arogan cenderung mudah tersinggung sehingga seringkali tidak dapat mengontrol emosinya di depan umum serta seringkali tidak menghiraukan orang lain di sekelilingnya. Karakter tersebut dapat dipengaruhi oleh individu maupun lingkungan disekitarnya.
  • Sikap suka mencuri merupakan salah sikap yang dapat merugikan orang lain karena mengambil yang bukan merupakan haknya dan salah satu sikap yang melanggar norma alam masyarakat yaitu norma hukum.
  • Makan menggunakan tangan kiri. Bagi orang indonesia yang merupakan bangsa yang dikenal dengan kesopansantunannya, makan menggunakan tangan kiri dianggap salah satu hal yang melanggar etika karena tidak sesuai dengan budaya yang telah ada di indonesia.
  • Melanggar lalu lintas merupakan salah satu contoh hal yang melanggar etika. Pelanggaran lalu lintas selain dapat membahayakan diri sendiri juga dapat mengganggu kenyamanan pengguna lalu lintas yang lainnya.
  • Merokok di tempat umum, merupakan salah satu contoh hal yang melanggar etika karena dapat menyebabkan kenyamanan orang lain terganggu akibat asap rokok yang ditimbulkan.

2. Tuliskan aktivitas-aktivitas tidak beretika profesional dalam bekerja sebagai seorang sarjana teknik industri (beri 5 contoh dan analisa)!

  • Datang tidak tepat waktu, sehingga menyebabkan waktu penyelesaian pekerjaan menjadi berkurang. Akibatnya, pekerjaan menjadi tidak selesai tepat waktu dan pekerjaan lainnya menjadi menumpuk.
  • Bolos atau absen bekerja, merupakan salah satu aktivitas tidak beretika profesional serta tidak bertanggung jawab terhadap pekerjaan. Akibat yang ditimbulkan adalah dapat merugikan perusahaan tempat bekerja.
  • Tidak menghargai pendapat orang lain pada saat rapat, merasa bahwa pendapat sendiri yang terbaik. Dalam bekerja, sikap saling menghargai pendapat sangat diperlukan agar permasalahan-permasalahan yang terdapat di perusahaan dapat diatasi secara bersama sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.
  • Bermain game saat jam kerja, menyebabkan pekerjaan menjadi tidak selesai tepat waktu serta dapat mengganggu kenyaman rekan kerja lainnya.
  • Menilai sesuatu secara subjektif, misalnya menggap pekerjaan A lebih baik daripada B karena status sosialnya. Hal tersebut akan menyebabkan kecemburuan social sesame rekan kerja, akibat yang ditimbulkan adalah dapat merugikan perusahaan tempat bekerja.

3. Jelaskan pentingnya memahami etika profesi untuk sarjana teknik industri.

  • Etika profesi menurut Keiser dalam (Suhrawardi Lubis, 1994:6-7) adalah sikap hidup berupa keadilan untuk memberikan pelayanan profesional terhadap masyarakat dengan penuh ketertiban dan keahlian sebagai pelayanan dalam rangka melaksanakan tugas berupa kewajiban terhadap masyarakat. Sebagai seorang sarjana teknik industri kita diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam bidang teknik industri baik perorangan maupun dalam organisasi terhadap masyarakat serta memiliki rasa tanggung jawab sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Dalam pelaksanaannya, seorang sarjana teknik industri tentu harus memegang teguh terhadap norma yang berlaku sebagaimana tercantum dalam kode etik teknik industri. Oleh karena itu penting memahami etika profesi bagi seorang sarjana teknik industri.

4. Jelaskan dan uraikan organisasi profesi yang relevan untuk prodi teknik industri selain PII.

  • Perhimpunan ergonomi Indonesia (PEI) adalah organisasi profesi tingkat nasional yang beranggotakan para pakar, pemakai dan peminat ergonomi di berbagai bidang yang bersama-sama berhimpun dalam suatu wadah untuk menggalang kemampuan dalam bidangnya masing-masing membina Ergonomi baik dalam keilmuan maupun dalam pemakaiannya sehingga potensi Ergonomi dalam Pembangunan Nasional dapat lebih digali dan diwujudkan secara nyata. PEI berpusat di bandung dan didirikan oleh peserta Pertemuan Nasional Ergonomi pada tanggal 10 Oktober 1987,bertempat di Gedung Labolatorium Teknologi 111 Institut Teknologi Bandung.
  • Institute of Industrial Engineers (IIE) adalah lembaga profesional yang berdedikasi semata-mata untuk mendukung profesi teknik industri dan individu yang terlibat dengan meningkatkan kualitas dan produktivitas. Lembaga ini didirikan pada 1948 dan disebut American Institute of Industrial Engineers sampai 1981, ketika nama ini diubah untuk mencerminkan basis keanggotaan internasionalnya. Anggota termasuk mahasiswa baik dan kaum profesional. IIE menyelenggarakan konferensi regional dan nasional tahunan di Amerika Serikat. IIE bermarkas di Amerika Serikat di Norcross, Georgia, pinggiran yang terletak di timur laut Atlanta.
  • ISTMI sebagai organisasi profesi dari disiplin Ilmu Teknik Industri (TI) dan Manajemen Industri (MI) di Indonesia lahir pada tanggal 22 Nopember 1986 di Jakarta. Kelahiran organisasi ini didasari atas pertimbangan bahwa profesi TI dan MI telah diterima di kalangan yang sangat luas sejak masuknya disiplin sekitar 16 tahun sebelumnya. Keberadaannya sudah menembus batas-batas konvensional keteknikan atau keindustrian.

Sumber:

https://indahwardani.wordpress.com/2011/05/11/pengertian-etika-profesi-etika-profesi-dan-kode-etik-profesi/

http://www.academia.edu/4977938/Tugas_2_etprof

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: